Berita

blog-img
19/05/2021

LDK OSIS/Senat Taruna Di Masa Pandemi

Admin | Pendidikan

Secara kelembagaan, OSIS menjadi satu-satunya organisasi kesiswaan yang wajib ada di setiap sekolah. Khususnya di jenjang menengah pertama (SMP), atau menengah atas (SMA) dan SMK. Tak mengherankan organisasi kesiswaan ini nyaris pasti kita temui di SMP atau SMA/SMK manapun. OSIS adalah lembaga istimewa, yang keberadaannya di sekolah diatur dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992 dan Permendiknas No.39 Tahun 2008 tanggal 22 Juli 2008 Tentang Materi Pembinaan Kesiswaan.


SMKN 2 Rembang salah satu lembaga pendidikan juga membentuk OSIS yang biasa disebut Senat Taruna. Dimana OSIS/ Senat Taruna SMKN 2 Rembang mulai eksis pada tahun 2006 dan sampai tahun 2021 terhitung usia OSIS/ Senat Taruna SMKN 2 Rembang sudah 15 tahun. Selama 15 berdiri sudah banyak berkiprah ikut memajukan kegiatan kegiatan kesiswaan yang ada di SMKN 2 Rembang. Sudah banyak prestasi yang diraih OSIS/Senat Taruna dalam berbagai kegiatan baik tingkat kabupaten maupun provinsi. Diantaranya juara 1 lomba PBB tingkat Babupaten, juara 2 lomba lomba bola voli pantai tingkat karisidenan dan lain lain.
Untuk menjaga kesinambungan organisasi OSIS/Senat Taruna maka setiap Tahun Pelajaran dilakukan perekrutan pengurus OSIS/Senat Taruna. Dilanjutkan dengan reorganisasi pengurus OSIS/Senat Taruna. Setelah terbentuk kepengurusan OSIS/Senat Taruna dilanjutkan dengan kegiatan latihan dasar kepemimpinan (LDK).
LDK merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan bagi kepengurusan baru untuk membekali dasar dasar kepemimpinan OSIS/Senat Taruna. Dimasa pandemi covid 19 tahun ini tidak menyurutkan pengurus OSIS/Senat Taruna untuk melaksanakan kegiatan LDK. SMKN 2 Rembang salah satu lembaga pendidikan yang punya tugas memberi contoh yang baik dalam rangka pencegahan penularan Covid 19 maka LDK tahun 2021 dilaksanakan sesuai dengan peraturan pemerintah tentang pencegahan penularan Covid 19. Sehigga LDK dilaksanakan secara blended (campuran) tatap muka dan dalam jaringan/online..


LDK pada tahun 2021 diikuti sebanyak 70 pengurus OSIS/Senat Taruna kelas X,XI dan XII. LDK dilaksanakan selama 3 hari tanggal 7 sampai9 April 2021. Pelaksanaan LDK dibagi 2 strategi yaitu hari pertama acara pembukaan dilaksanakan secara virtul, materi organisasi dan penyusunan program kerja dilakukan secara tatap muka selama 1 hari dan hari terakhir menyelesaikan pembuatan program kerja dilaksanakan secara on line. LDK dibuka langsung oleh Kepala SMKN 2 Rembang, Drs. Bambang Winiharto secara virtual pada tanggal 7 April 2021. Dalam sambutannya kepala SMKN 2 Rembang, Drs. Bambang Winiharto menyampaikan bahwa LDK merupakan kegiatan penting dalam OSIS/Senat Taruna untuk membekali pengurus OSIS/Senat Taruna dengan materi keorganisasi sebagai bekal menjalankan organisasi dengan baik. Disamping itu juga berpesan dalam pelaksanaan LDK secara tatap muka selalu mematuhi protokol kesehatan dngan ketat.
Materi LDK meliputi struktur OSIS, tugas dan tanggung jawab OSIS/Senat Taruna, pembuatan program kerja masing-masing Seksi Bidang. Dalam LDK dipandu oleh pengurus OSIS/Senat Taruna kelas XII, Waka Kesiswaan, Pembina OSIS/Senat Taruna dan guru terkait. Diakhir kegiatan, masing masing Sekbid sudah bisa menyusun program kerja selama 1 tahun kedepan.
Walaupun dimasa pandemi covid 19, antusias pengurus OSIS/Senat Taruna untuk melaksanakan kegiatan LDK sangat tinggi. Hal ini dibuktikan LDK diikuti semua pengurus OSIS/Senat Taruna sebanyak 70 taruna/taruni. Walaupun dilaksanakan secara blended yaitu tatap muka dan daring, kegiatan LDK berjalan dengan lancar dan baik. Pembina OSIS/Senat Taruna, Mursidi,S.St.Pi menyampaikan sangat berterima kasih kepada pengurus OSIS/Senat Taruna yang mampu melaksanakan LDK secara baik dan lancar. Diakhir LDK masing-masing Sekbid mampu menyelesaikan tugas yaitu membuat program kerja yang dijadikan 1 (satu) menjadi program kerja OSIS/Senat Taruna Tahun 2021.

 

 

Komentar

Beri Komentar